Political
Conditionality
Pada tahun 1990-an, dengan bangkitnya ideologi
neoliberalisme, berubahlah visi pembaruan bantuan oleh negara maju (Barat)
kepada negara sedang berkembang. Pertama, bantuan untuk
pembangunan terus dikurangi. Misalnya pada tahun 1990 bantuan ekonomi mencapai
US 60 milyar, maka pada tahun 1997 jumlah itu sudah berkurang menjadi US 40.
Sebaliknya, FDI (foreign direct investment) yang menuntut
keterbukaan sebuah negara, malah meningkat. Kedua, bantuan
kini diberikan dengan mensyaratkan yang disebut "political
conditionality". Artinya harus ada perubahan politik dan pemerintahan
sebagai syarat diberikannya bantuan untuk pembangunan. Hal ini berarti
perubahan ke arah demokratisasi dan peningkatan hak-hak asasi manusia, serta
dijalankannya "good governance".
Alasan mengenai persyaratan politik ialah pertama,
donor secara de facto telah lama menyediakan bantuan
pembangunan untuk rezim terlepas dari praktik hak asasi manusia mereka. Sebagai
hasilnya, bantuan tersebut dijadikan alat untuk menakut-nakuti pihak yang
menentang pelanggaran hak asasi manusia supaya ia mengakhiri
kediktatorannya. Kedua, banyak pihak yang berasumsi bahwa bantuan
adalah dongkrak untuk merubah kebijakan.
Persyaratan sering
dianggap tidak adil. Terjadi situasi di mana cara yang digunakan untuk mencapai
rasa hormat terhadap hak asasi manusia itu bertentangan dengan standar hak
asasi manusia, karena bisa merugikan kaum subordinat. Padahal seharusnya, bantuan
kemanusiaan tersebut diberikan tanpa syarat atau sanksi karena bisa memberatkan
kaum miskin (subordinat). Di negara-negara demokratis lebih sedikit
kasus pelanggaran hak asasi manusia daripada di negara yang non demokratis.
Dari perspektif hak asasi manusia, penerimaan oleh pihak yang terkena dampak
penggunaan persyaratan terhadap para penguasa mereka adalah situasi
ideal.
Persyaratan Tidak Pernah Benar-benar
Diimplementasikan
|
Persyaratan Tidak Menghasilkan Hasil yang
Dimaksud
|
Hal ini akan diterapkan hanya untuk
beberapa negara (atau multilateral badan). Akibatnya, akan menimbulkan
legitimasi dan efektivitas secara dramatis di negara tersebut. Hal tersebut terjadi kare na donor mendapatkan kesulitan
di dalam mengkoordinasikan persyaratan tersebut terhadap kebijakan bantuan
pada umumnya. Adapun alasan sulitnya koordinasi, karena donor mempunyai
penilaian yang berbeda di saat situasi tertentu sehingga timbulah perbedaan
dalam sistem politik dan ideologi dalam melakukan koordinasi. Ketika salah
satu donor menarik diri, yang lain akan mengambil alih. Beberapa mungkin akan
mengurangi bantuan mereka sehingga, menurunkan dampak dari tindakan mereka.
|
Persyaratan negatif hanya menyerang
gejala tetapi bukan penyebab masalah. Dan juga pemerintah dan masyarakat sipil
dari negara-negara penerima tidak setuju dengan kebijakan dan politik yang
dipromosikan oleh persyaratan bantuan. Misalnya
saja demokrasi, negara-negara penerima mungkin terpaksa pergi melalui
pemilihan mengorganisir gerakan untuk menjaga akses ke bantuan internasional,
tetapi mereka juga memiliki banyak cara untuk memastikan bahwa pemilihan akan
tidak bebas dan tak adil. Mereka dapat menggunakan sumber daya publik seperti
dana, perlindungan, perhatian media untuk outspend bagi lawan-lawan mereka.
Dan mereka dapat memicu konflik etnis untuk menciptakan kekacauan.
|
IMF baru-baru ini berupaya untuk memikirkan kembali
kebijakan persyaratan. Dengan melakukan tiga solusi :
(1) Menetapkan kondisi yang benar-benar
penting bagi pencapaian stabilitas ekonomi makro.
(2) Memantau kondisi melalui cara yang lebih
fleksibel, dengan pemerintah luas serta partisipasi.
(3)
Membedakan persyaratan IMF sejelas mungkin dari persyaratan badan-badan lain,
terutama Bank.
Tampaknya bahwa bagi
kebanyakan orang, persyaratan adalah alat pertama yang terlintas dalam pikiran
ketika mendiskusikan hubungan antara bantuan pembangunan dan hak asasi manusia. Namun,
persyaratan ini dipenuhi masalah. Tetapi masalah utamanya adalah bahwa
persyaratan, tidak menghasilkan hasil yang diinginkan, dan bahkan mungkin untuk
menciptakan dinamika yang merusak hasil yang diinginkan. Persyaratan dapat
melemahkan kualitas pemerintahan, akuntabilitas dalam negeri pemerintah,
legitimasi oposisi kelompok, dan kapasitas untuk mengembangkan proses internal
perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar