Rabu, 14 Juni 2017

Pertemuan 8

STRUKTUR SOSIAL

൦ Struktur sosial : keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yakni kaidah sosial, lembaga sosial, kelompok serta lapisan sosial.
൦ Dinamika masyarakat : proses sosial dan perubahan sosial

Dari kedua hal diatas, adalah cara untuk menelaah masyarakat. 

Lembaga-lembaga kemasyarakatan

Fungsi dari lembaga kemasyarakatan :
- untuk memberi pedoman kepada masyarakat, bagaimana mereka bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah.
- untuk menjaga keutuhan masyarakat

Tidak mudah untuk menentukan hubungan antara hukum dan lembaga kemasyarakatan lainnya terutama di dalam menentukan hubungan timbal balik. Hal itu bergantung pada nilai masyarakat dan perhatian penguasa terhadap aneka macam lembaga.

Lapisan sosial dan hukum

Dalam lapisan masyarakat terdapat golongan atas dan bawah. dijelaskan bahwa golongan atas jumlahnya lebih sedikit dibandingkan golongan bawah. Hal ini karena gol. atas memiliki kemampuan yang lebih banyak dan dianggap hal penting dalam masyarakat.

Kekuasaan mempunyai peran penting karena dapat menentukan nasib berjuta-juta manusia. Kekuasaan bergantung dari hubungan yang berkuasa dengan yang dikuasai. Atau antara pihak yang memiliki kemampuan untuk melancarkan pengaruh dari pihak yang menerima pengaruh tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review 10

Positive Support Langkah selanjutnya dalam mengintegrasi hak asasi manusia ke dalam praktek pembangunan adalah melalui dukungan positif...